Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Sakit Mata Menular Lewat Pandangan, Bisakah?

Sakit Mata Menular Lewat Pandangan, Bisakah?

- - Post a Comment
Pernah ada yang menghindari pandangan dari teman yang sedang sakit mata? Soalnya banyak juga nih yang percaya bahwa sakit mata bisa ditularkan lewat bertukar pandangan. Tapi benarkah seperti itu kebenarannya?


"Ada penyakit mata yang sangat menular namanya konjungtivitis atau bahasa inggrisnya pink eye, jadi keluhannya belekkan banyak terus pagi hari lengket dan itu bisa sangat menular. Tapi penyebabnya bukan lewat lihat-lihatan," ujar dr Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), Selasa (30/10/2018).

Konjungtivitis disebabkan oleh virus, akan tetapi virus tidak bisa lompat begitu saja dari mata ke mata. Yang jadi pencetus penyebarannya itu biasanya lewat tangan yang tidak terjaga kebersihannya.

"Yang penting itu hand hygiene, karena kalau kita sakit kan belekan biasanya ngelap-ngelap ya, kena ke tangan, nah virus yang ada di tangan, itu kalau kita jabatan atau cipika cipiki masih ada virus sedikit," kata dr Rina.

Bahkan, virus juga bisa menempel pada benda lain yang tersentuh oleh tangan yang terkontaminasi. Bila, katakanlah meja itu tidak dibersihkan, virus bisa bertahan selama lima bulan, lho, lamanya!

Jadi, penting sekali nih untuk menjaga kesehatan mata kita dengan turut menjaga kebersihan tubuh kita khususnya tangan. Enggak mau kan bangun-bangun matanya belekan?

Post a Comment for "Sakit Mata Menular Lewat Pandangan, Bisakah?"